Wednesday, February 4, 2009

Robert Kiyosaki Biography


Robert Toru Kiyosaki (Lahir tanggal 8 April 1947) adalah seorang investor, pengusaha, penulis dan motivator. Dia dikenal dengan 19 buku edisi Rich Dad, Poor Dad yang sudah terjual lebih dari 26 juta buku.

Kiyosaki adalah generasi ke-4 keturunan jepang yang tinggal dan dibesarkan di Hawaii, Amerika. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, dia masuk dalam angkatan laut selama 5 tahun. Di tahun 1974, dia meninggalkan angkatan Laut dan bergabung dengan Xerox Corporation sebagai salesman untuk mesin fotokopi.

Kiyosaki memulai bisnis pertamanya di tahun 1977 dengan menjual dompet Surfer yang terbuat dari nylon dan Velcro. Awalnya bisnis ini cukup sukses namun pada akhirnya bisnis ini pun jatuh bangkrut. Dia mengakui kalau salah satu penyebab kegagalan bisnis ini adalah dia tidak mengetahui secara mendetail dan jelas tentang hak paten. Namun, usaha pertamanya ini sudah memunculkan gairah wirausahanya.

Bisinis yang kedua cukup mirip dengan yang pertama dimana dia menjual t-shirt dan pernak pernik untuk fans heavy metal dan rock. Alas, bisnis ini pun kemudian gagal di tahun 1985 karena perkembangan and perubahan trend dari musik rock. Kegagalan ini membuat Kiyosaki jatuh bangkrut bahkan kehilangan rumah tempat tinggalnya. Selain kegagalan bisnis, Kiyosaki juga mempunyai hutang bank sebanyak $850 000. Utang tersebuat adalah uang yang dia pinjam sebelumnya ketika bisnis T-shirtnya masih menguntungkan untuk investasi di property and juga saham. Itu adalah titik terbawah untuk kehidupan Kiyosaki, dan seperti yang pernah dia katakan: “Adalah hal yang sangat jelas jikalau seseorang tidak akan mampu membayar utang sebesar ini hanya dengan bekerja sebagai pegawai”.

Robert Kiyosaki memulai bekerja sebagai pembicara dan motivator untuk seminar bernama Money and You yang dimulai oleh Marshall Thurber. Di tahun 1985, Kiyosaki mengambil alih bisnis seminar tersebut dan mengajar murid dari seluruh dunia. Awalnya, seminar ini populer di Canada dan AS dan kemudian menjalar ke Australia dan New Zealand. Bisnis ini sangat sukses sehingga di tahun 1994, Kiyosaki memutuskan untuk “pensiun” di umur 47.

Selama masa pensiunnya itu, Kiyosaki masih tetap melanjutkan kesukaannya dalam bisnis dengan investasi di bidang properti dan saham. Dalam waktu luangnya, dia juga mulai menulis, pada saat itulah dia mulai menulis buku Rich Dad, Poor Dad yang didasari oleh konsep keuangan yang diyakininya dan juga pengalaman pribadi. Buku Rich Dad Poor Dad sudah menginspirasi jutaan orang dan menjadi salah satu buku terlaris yang terjual lebih dari 10 juta buku.

No comments: